Manfaat Pupuk Cantik Untuk Cabe: Wajib Tahu!

Posted on

Manfaat Pupuk Cantik Untuk Cabe: Wajib Tahu!

Pupuk cantik adalah sejenis pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan ternak, seperti sapi atau kambing, yang telah difermentasi. Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara yang lengkap, seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan magnesium, yang sangat dibutuhkan oleh tanaman cabe.

Penggunaan pupuk cantik pada tanaman cabe dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, meningkatkan hasil panen, dan membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit. Selain itu, pupuk cantik juga dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kesuburan tanah.

Cara penggunaan pupuk cantik pada tanaman cabe cukup mudah. Pupuk dapat ditaburkan di sekitar tanaman atau dicampurkan ke dalam tanah saat menanam. Dosis penggunaan pupuk cantik tergantung pada jenis tanaman cabe dan kondisi tanah. Umumnya, pupuk cantik diberikan dengan dosis 1-2 kg per tanaman.

Manfaat Pupuk Cantik untuk Cabe

Pupuk cantik memiliki banyak manfaat untuk tanaman cabe. Berikut adalah sembilan aspek penting yang perlu diketahui:

  • Meningkatkan pertumbuhan
  • Meningkatkan hasil panen
  • Meningkatkan ketahanan terhadap penyakit
  • Memperbaiki struktur tanah
  • Meningkatkan kesuburan tanah
  • Mudah digunakan
  • Ramah lingkungan
  • Harga terjangkau
  • Dapat diproduksi sendiri

Secara keseluruhan, pupuk cantik merupakan pilihan yang sangat baik untuk memupuk tanaman cabe. Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara yang lengkap, mudah digunakan, ramah lingkungan, dan harga terjangkau. Dengan menggunakan pupuk cantik, petani dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman cabe, meningkatkan hasil panen, dan membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit.

Meningkatkan pertumbuhan

Pupuk cantik dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman cabe dengan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Unsur hara tersebut, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, berperan penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Nitrogen dibutuhkan untuk pembentukan protein, fosfor dibutuhkan untuk pembentukan akar dan bunga, sedangkan kalium dibutuhkan untuk pembentukan batang dan buah.

  • Pertumbuhan Akar

    Pupuk cantik dapat meningkatkan pertumbuhan akar tanaman cabe. Akar yang kuat dan sehat akan membantu tanaman menyerap lebih banyak air dan unsur hara dari tanah, sehingga tanaman dapat tumbuh lebih cepat dan sehat.

  • Pertumbuhan Batang

    Pupuk cantik juga dapat meningkatkan pertumbuhan batang tanaman cabe. Batang yang kuat akan membantu tanaman menopang buah yang lebih banyak dan mencegah tanaman rebah.

  • Pertumbuhan Daun

    Pupuk cantik dapat meningkatkan pertumbuhan daun tanaman cabe. Daun yang sehat dan lebat akan membantu tanaman melakukan fotosintesis lebih efisien, sehingga tanaman dapat menghasilkan lebih banyak makanan dan tumbuh lebih cepat.

  • Pertumbuhan Buah

    Pupuk cantik dapat meningkatkan pertumbuhan buah tanaman cabe. Unsur hara yang terdapat dalam pupuk cantik akan membantu tanaman menghasilkan lebih banyak buah dan buah yang lebih besar.

Kesimpulannya, pupuk cantik dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman cabe dengan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Unsur hara tersebut berperan penting dalam proses pertumbuhan akar, batang, daun, dan buah tanaman cabe.

Meningkatkan hasil panen

Pupuk cantik dapat meningkatkan hasil panen cabe dengan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk menghasilkan lebih banyak buah dan buah yang lebih besar.

  • Jumlah Bunga

    Pupuk cantik dapat meningkatkan jumlah bunga yang dihasilkan tanaman cabe. Unsur hara seperti nitrogen dan fosfor berperan penting dalam pembentukan bunga.

  • Persentase Bunga Jadi Buah

    Pupuk cantik juga dapat meningkatkan persentase bunga yang jadi buah. Unsur hara seperti kalium berperan penting dalam proses penyerbukan dan pembentukan buah.

  • Ukuran Buah

    Pupuk cantik dapat meningkatkan ukuran buah cabe. Unsur hara seperti nitrogen dan kalium berperan penting dalam pembentukan buah yang lebih besar dan berisi.

  • Kualitas Buah

    Pupuk cantik dapat meningkatkan kualitas buah cabe. Unsur hara yang terdapat dalam pupuk cantik akan membantu tanaman menghasilkan buah yang lebih sehat, lebih keras, dan lebih tahan lama.

Kesimpulannya, pupuk cantik dapat meningkatkan hasil panen cabe dengan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk menghasilkan lebih banyak buah dan buah yang lebih besar. Unsur hara tersebut berperan penting dalam proses pembentukan bunga, penyerbukan, pembentukan buah, dan kualitas buah.

Meningkatkan ketahanan terhadap penyakit

Pupuk cantik dapat meningkatkan ketahanan tanaman cabe terhadap penyakit dengan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk membangun sistem kekebalan yang kuat. Unsur hara tersebut, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, berperan penting dalam proses pembentukan dinding sel, produksi antibodi, dan aktivasi mekanisme pertahanan tanaman.

  • Dinding Sel Kuat

    Pupuk cantik dapat membantu tanaman cabe membangun dinding sel yang lebih kuat. Dinding sel yang kuat akan mempersulit patogen untuk masuk dan menginfeksi tanaman.

  • Produksi Antibodi

    Pupuk cantik juga dapat meningkatkan produksi antibodi pada tanaman cabe. Antibodi adalah protein yang diproduksi oleh tanaman untuk melawan infeksi penyakit.

  • Aktivasi Mekanisme Pertahanan

    Pupuk cantik dapat mengaktifkan mekanisme pertahanan alami tanaman cabe. Mekanisme pertahanan ini dapat berupa produksi senyawa antimikroba, penghambatan pertumbuhan patogen, atau induksi resistensi sistemik.

See also  10 Manfaat You C 1000 yang Jarang Diketahui Anda Wajib Tau

Kesimpulannya, pupuk cantik dapat meningkatkan ketahanan tanaman cabe terhadap penyakit dengan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk membangun sistem kekebalan yang kuat. Sistem kekebalan yang kuat akan membantu tanaman melawan infeksi penyakit dan menghasilkan panen yang lebih sehat.

Memperbaiki struktur tanah

Pupuk cantik dapat memperbaiki struktur tanah dengan cara meningkatkan agregasi tanah. Agregasi tanah adalah proses penggumpalan partikel-partikel tanah menjadi struktur yang lebih besar dan stabil. Struktur tanah yang baik akan meningkatkan aerasi tanah, drainase tanah, dan kapasitas menahan air tanah.

Penggunaan pupuk cantik pada tanaman cabe dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Hal ini disebabkan karena pupuk cantik mengandung bahan organik yang dapat membantu mengikat partikel-partikel tanah dan membentuk agregat tanah. Agregat tanah yang lebih besar dan stabil akan meningkatkan aerasi tanah, sehingga akar tanaman dapat menyerap lebih banyak oksigen dan unsur hara. Selain itu, agregat tanah yang lebih besar juga akan meningkatkan drainase tanah, sehingga kelebihan air dapat mengalir lebih cepat dan tidak menggenangi akar tanaman. Kapasitas menahan air tanah yang lebih baik juga akan membuat tanaman lebih tahan terhadap kekeringan.

Kesimpulannya, pupuk cantik dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman cabe. Hal ini disebabkan karena pupuk cantik mengandung bahan organik yang dapat membantu mengikat partikel-partikel tanah dan membentuk agregat tanah. Agregat tanah yang lebih besar dan stabil akan meningkatkan aerasi tanah, drainase tanah, dan kapasitas menahan air tanah, sehingga tanaman dapat tumbuh lebih sehat dan produktif.

Meningkatkan kesuburan tanah

Pupuk cantik dapat meningkatkan kesuburan tanah dengan cara menambah kandungan bahan organik dalam tanah. Bahan organik sangat penting untuk kesuburan tanah karena dapat meningkatkan kapasitas menahan air, aerasi tanah, dan ketersediaan unsur hara bagi tanaman. Pupuk cantik mengandung bahan organik yang tinggi, seperti kotoran hewan dan sisa-sisa tanaman, yang dapat membantu memperbaiki kesuburan tanah.

Kesuburan tanah yang baik sangat penting untuk pertumbuhan tanaman cabe. Tanah yang subur akan menyediakan semua unsur hara yang dibutuhkan tanaman cabe untuk tumbuh dan berproduksi secara optimal. Selain itu, tanah yang subur juga akan memiliki struktur yang baik, drainase yang baik, dan kapasitas menahan air yang baik. Hal ini akan membuat tanaman cabe lebih tahan terhadap kekeringan, penyakit, dan hama.

Dalam praktiknya, penggunaan pupuk cantik untuk tanaman cabe dapat meningkatkan kesuburan tanah dan produksi cabe. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan pupuk cantik dapat meningkatkan hasil panen cabe hingga 20%. Selain itu, penggunaan pupuk cantik juga dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia, sehingga lebih ramah lingkungan.

Kesimpulannya, pupuk cantik dapat meningkatkan kesuburan tanah dengan cara menambah kandungan bahan organik dalam tanah. Kesuburan tanah yang baik sangat penting untuk pertumbuhan tanaman cabe, sehingga penggunaan pupuk cantik dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas cabe.

Mudah digunakan

Pupuk cantik merupakan jenis pupuk organik yang mudah digunakan, sehingga dapat diaplikasikan oleh petani dengan mudah dan efisien. Kemudahan penggunaan pupuk cantik menjadi salah satu faktor penting yang berkontribusi pada manfaatnya bagi tanaman cabe.

  • Aplikasi Sederhana

    Pupuk cantik dapat diaplikasikan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan cara ditaburkan atau dikocor di sekitar tanaman. Petani tidak memerlukan alat atau teknik khusus untuk mengaplikasikan pupuk ini, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

  • Tidak Berbau Menyengat

    Pupuk cantik tidak memiliki bau yang menyengat seperti beberapa jenis pupuk kimia. Hal ini membuat pupuk cantik lebih nyaman digunakan, terutama bagi petani yang bekerja di area tertutup atau memiliki lahan yang dekat dengan pemukiman.

  • Tidak Mengotori Tangan

    Tekstur pupuk cantik yang kering dan tidak menggumpal membuatnya tidak mengotori tangan saat diaplikasikan. Petani dapat mengaplikasikan pupuk cantik tanpa harus menggunakan sarung tangan atau alat bantu lainnya.

  • Dapat Dicampur dengan Pupuk Lain

    Pupuk cantik dapat dicampur dengan jenis pupuk lain, seperti pupuk kimia atau pupuk kandang. Hal ini memudahkan petani untuk menyesuaikan kebutuhan nutrisi tanaman cabe dengan mencampurkan pupuk sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

Kemudahan penggunaan pupuk cantik memberikan banyak manfaat bagi petani cabe. Petani dapat menghemat waktu dan tenaga saat mengaplikasikan pupuk, sehingga dapat fokus pada aspek lain dari budidaya cabe. Selain itu, kemudahan penggunaan pupuk cantik juga dapat meningkatkan produktivitas petani dan menghasilkan panen cabe yang lebih optimal.

See also  Temukan 3 Manfaat Perilaku Qanaah yang Akan Mengubah Hidup Anda

Ramah lingkungan

Pupuk cantik merupakan jenis pupuk organik yang ramah lingkungan. Pupuk ini dibuat dari bahan-bahan alami, seperti kotoran hewan dan sisa-sisa tanaman, yang tidak mencemari lingkungan. Pupuk cantik juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak tanah dan air.

Penggunaan pupuk cantik pada tanaman cabe memberikan banyak manfaat bagi lingkungan. Pupuk cantik dapat meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi penggunaan pupuk kimia. Pupuk kimia dapat mencemari lingkungan dan merusak ekosistem. Selain itu, pupuk cantik juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Gas rumah kaca adalah gas yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Salah satu manfaat utama pupuk cantik adalah kemampuannya untuk meningkatkan bahan organik tanah. Bahan organik tanah sangat penting untuk kesuburan tanah dan kesehatan tanaman. Bahan organik tanah dapat meningkatkan kapasitas menahan air tanah, aerasi tanah, dan ketersediaan unsur hara bagi tanaman. Pupuk cantik juga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.

Kesimpulannya, pupuk cantik merupakan jenis pupuk yang ramah lingkungan dan memberikan banyak manfaat bagi tanaman cabe dan lingkungan. Penggunaan pupuk cantik dapat meningkatkan kesuburan tanah, mengurangi penggunaan pupuk kimia, dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Harga Terjangkau

Harga terjangkau merupakan salah satu manfaat utama pupuk cantik untuk cabe. Pupuk cantik dapat diproduksi secara lokal dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti kotoran hewan dan sisa-sisa tanaman. Hal ini membuat harga pupuk cantik menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan pupuk kimia.

  • Biaya Produksi Rendah

    Biaya produksi pupuk cantik relatif rendah karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapat dan tidak memerlukan proses produksi yang rumit.

  • Harga Jual Terjangkau

    Karena biaya produksinya yang rendah, pupuk cantik dapat dijual dengan harga yang terjangkau oleh petani cabe.

  • Penghematan Biaya Pupuk

    Penggunaan pupuk cantik dapat menghemat biaya pupuk bagi petani cabe. Pupuk cantik dapat menggantikan sebagian atau seluruh penggunaan pupuk kimia, sehingga petani dapat mengurangi pengeluaran untuk pupuk.

  • Peningkatan Pendapatan Petani

    Harga pupuk cantik yang terjangkau dapat meningkatkan pendapatan petani cabe. Petani dapat menghemat biaya pupuk dan meningkatkan hasil panen, sehingga pendapatan mereka meningkat.

Kesimpulannya, harga terjangkau merupakan salah satu manfaat penting pupuk cantik untuk cabe. Harga pupuk cantik yang terjangkau dapat menghemat biaya pupuk bagi petani, meningkatkan hasil panen, dan meningkatkan pendapatan petani.

Dapat diproduksi sendiri

Pupuk cantik dapat diproduksi sendiri oleh petani cabe. Hal ini menjadi salah satu manfaat penting pupuk cantik karena memberikan banyak keuntungan bagi petani.

Memproduksi pupuk cantik sendiri dapat menghemat biaya produksi bagi petani. Petani tidak perlu membeli pupuk dari luar, sehingga dapat mengurangi pengeluaran. Selain itu, produksi pupuk cantik sendiri juga dapat menjamin kualitas pupuk. Petani dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan proses produksinya, sehingga dapat menghasilkan pupuk cantik yang berkualitas tinggi.

Kemampuan untuk memproduksi pupuk cantik sendiri juga memberikan kemandirian bagi petani. Petani tidak bergantung pada pasokan pupuk dari luar, sehingga tidak terpengaruh oleh kenaikan harga pupuk atau kelangkaan pupuk di pasaran. Petani dapat memproduksi pupuk cantik sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan baku di daerahnya.

Secara keseluruhan, kemampuan untuk memproduksi pupuk cantik sendiri merupakan manfaat penting yang memberikan keuntungan ekonomi, kualitas, dan kemandirian bagi petani cabe.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat pupuk cantik untuk cabe telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) menunjukkan bahwa penggunaan pupuk cantik pada tanaman cabe dapat meningkatkan hasil panen hingga 20%. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa pupuk cantik dapat meningkatkan kualitas cabe, seperti meningkatkan kadar vitamin C dan antioksidan.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) menunjukkan bahwa pupuk cantik dapat meningkatkan ketahanan tanaman cabe terhadap penyakit. Studi tersebut menemukan bahwa tanaman cabe yang diberi pupuk cantik memiliki tingkat serangan penyakit yang lebih rendah dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberi pupuk cantik. Hal ini menunjukkan bahwa pupuk cantik dapat membantu petani cabe mengurangi kerugian akibat serangan penyakit.

Selain itu, pupuk cantik juga terbukti dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. Hal ini dikarenakan pupuk cantik mengandung bahan organik yang tinggi, yang dapat membantu mengikat partikel-partikel tanah dan membentuk agregat tanah. Agregat tanah yang lebih besar dan stabil akan meningkatkan aerasi tanah, drainase tanah, dan kapasitas menahan air tanah.

See also  Temukan Manfaat Serat Tumbuhan yang Jarang Diketahui

Secara keseluruhan, bukti ilmiah dan studi kasus menunjukkan bahwa pupuk cantik memiliki banyak manfaat bagi tanaman cabe. Pupuk cantik dapat meningkatkan hasil panen, meningkatkan kualitas cabe, meningkatkan ketahanan terhadap penyakit, memperbaiki struktur tanah, dan meningkatkan kesuburan tanah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Manfaat Pupuk Cantik untuk Cabe

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat pupuk cantik untuk cabe, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa itu pupuk cantik?

Pupuk cantik adalah sejenis pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan ternak, seperti sapi atau kambing, yang telah difermentasi.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat pupuk cantik untuk cabe?

Pupuk cantik memiliki banyak manfaat untuk cabe, di antaranya meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan hasil panen, meningkatkan ketahanan terhadap penyakit, memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kesuburan tanah, mudah digunakan, ramah lingkungan, harga terjangkau, dan dapat diproduksi sendiri.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menggunakan pupuk cantik untuk cabe?

Pupuk cantik dapat ditaburkan di sekitar tanaman cabe atau dicampurkan ke dalam tanah saat menanam. Dosis penggunaan pupuk cantik tergantung pada jenis tanaman cabe dan kondisi tanah.

Pertanyaan 4: Apakah pupuk cantik aman digunakan?

Ya, pupuk cantik aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Pertanyaan 5: Apa perbedaan pupuk cantik dengan pupuk kimia?

Pupuk cantik merupakan pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan alami, sedangkan pupuk kimia merupakan pupuk buatan yang diproduksi secara sintetis. Pupuk cantik lebih ramah lingkungan dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan pupuk kimia.

Pertanyaan 6: Di mana saya bisa mendapatkan pupuk cantik?

Pupuk cantik dapat dibeli di toko-toko pertanian atau dapat diproduksi sendiri dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak dan sisa-sisa tanaman.

Kesimpulannya, pupuk cantik memiliki banyak manfaat bagi tanaman cabe dan dapat menjadi alternatif pupuk kimia yang lebih ramah lingkungan dan terjangkau. Dengan menggunakan pupuk cantik, petani dapat meningkatkan hasil panen, meningkatkan kualitas cabe, dan meningkatkan kesehatan tanah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat pupuk cantik untuk cabe, silakan kunjungi situs web kami atau hubungi ahli pertanian setempat.

Tips Penggunaan Pupuk Cantik untuk Cabe

Pupuk cantik merupakan jenis pupuk organik yang memiliki banyak manfaat bagi tanaman cabe. Penggunaan pupuk cantik yang tepat dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan produksi tanaman cabe.

Tip 1: Perhatikan Waktu Pemberian Pupuk

Waktu pemberian pupuk cantik sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan unsur hara oleh tanaman. Waktu yang tepat untuk memberikan pupuk cantik adalah saat tanaman cabe mulai berbunga dan berbuah.

Tip 2: Sesuaikan Dosis dengan Kebutuhan Tanaman

Dosis pupuk cantik yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman cabe. Dosis yang berlebihan dapat menyebabkan tanaman keracunan unsur hara, sedangkan dosis yang kurang dapat menyebabkan tanaman kekurangan unsur hara.

Tip 3: Aplikasikan Pupuk Secara Merata

Pupuk cantik harus diaplikasikan secara merata di sekitar tanaman cabe. Hal ini bertujuan agar seluruh bagian tanaman mendapat nutrisi yang cukup.

Tip 4: Siram Tanaman Setelah Pemupukan

Setelah pupuk cantik diaplikasikan, segera siram tanaman cabe. Hal ini bertujuan untuk melarutkan pupuk dan membantu penyerapan unsur hara oleh tanaman.

Tip 5: Gunakan Pupuk Organik Lainnya Sebagai Pendamping

Selain pupuk cantik, petani juga dapat menggunakan pupuk organik lainnya sebagai pendamping. Misalnya, pupuk kandang atau kompos. Penggunaan pupuk organik yang beragam dapat meningkatkan kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman cabe.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, petani dapat mengoptimalkan penggunaan pupuk cantik untuk cabe. Pupuk cantik yang diaplikasikan dengan tepat akan memberikan banyak manfaat bagi tanaman cabe, seperti meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan hasil panen, dan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit.

Kesimpulannya, pupuk cantik merupakan jenis pupuk organik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tanaman cabe. Dengan memperhatikan waktu pemberian, dosis, dan cara aplikasi pupuk, petani dapat memaksimalkan penyerapan unsur hara oleh tanaman dan mendapatkan hasil panen yang optimal.

Kesimpulan

Pupuk cantik merupakan jenis pupuk organik yang kaya akan unsur hara dan memiliki banyak manfaat bagi tanaman cabe. Penggunaan pupuk cantik yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan, hasil panen, dan ketahanan terhadap penyakit tanaman cabe. Selain itu, pupuk cantik juga ramah lingkungan, mudah digunakan, dan harganya terjangkau.

Dengan memanfaatkan pupuk cantik, petani dapat meningkatkan produktivitas tanaman cabe dan memperoleh hasil panen yang optimal. Pupuk cantik dapat menjadi alternatif pupuk kimia yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan bagi pertanian cabe Indonesia.

Youtube Video:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *